Minggu, 02 Agustus 2009

NEUROFIBROMA DAN INTERVENSIONAL RADIOLOGI





NEUROFIBROMA : Merupakan tumor jinak yang berasal dari jaringan syaraf, kelaiNan ini mengenai banyak organ dalam tubuh. Pada kelainan ini terjadi hipertropi jaringan lunak dan sering disebabakan karena kelainan embriologis dan terjadi proliferasi dari jaringan mesenchymal dan dapat mengenai sebagian muka dan dikenal dengan beberapa penyakit misalnya Makrodistropi lopomatosis, neurofibrimatosis, fibrolipomatosis hamartoma dari syaraf, hemangioma dan lumphangioma dan dapat merupakan sindrome seperti Klippel Trenaunay Weber syndroma dimana tulang dan jaringan lunak mengalami hipertropi, hemangioma, hypoplasia atau atresi beberapa sistem vena dan dilatasi dari vena di superficial , Proteus Sindrome ( asymetrical overgrowth dari tulang dan jaringan adipose di tungkai, penebalan jaringan kutan , lipoma, makrokrania dan intracranial anomali dan Beckwith Wiedemann symndrome ( makroglossia, omphalocele atau umbilical hernia, organomegali.

INTERVENTIONAL RADIOLOGI : merupakan bagian dari radiologi , minimal invasive dan dapat digunakan sebagaI Sarana diagnose dan therapi. Therapi dapat embolisasi, dilatasi, chemotherapi trans arterial yang sangat bermanfaat bagi penderita.
Ini contoh kasus yang cukup rumit ditangani baik secara bedah , bedah plastik ataupun intervensi, semuaharus bekerja sama agar mendapatkan hasil yang optimal

Tidak ada komentar: