Selasa, 30 Maret 2010

advanced hepatoma dengan intra arterial infussion chemotherapi

Advanced hepatocellular carcinoma (HCC) dengan portal vein thrombosis memiliki prognosis buruk. Studi ini dilakukan untuk mengevaluasi efek terapi intra-arteri infus kemoterapi di HCC lanjut , dan mencoba untuk mengidentifikasi faktor-faktor prognostik yang dapat mempengaruhi kelangsungan hidup. Research dilakukan oleh J. Cheong, dkk

Kasus yang saya hadapi adalah , kasus di mana imun system tubuh penderita jelek, dimana hepatitis Ag selalu +, kondisi physic baik, tetapi AFP tinggi mencapai 35 000 U dimana sebelumnya 10 000 U dan kemudian menurun menjadi dibawah 8000 u. Saat ini yang dihadapi adalah menurunnya thrombosit penderita yang tidak berhasil di naikkan dengan dengan memberikan transfuse packcell, Child puch kriteria A, dan Hepatoma telah menyebar luas ke jaringan hepar, tidak didapatkan cirrhsosi.

Berbeda yang dilakukan oleh Cheong dkk, yang melakukan pengamatan pada kelompok hepatoma, sebagai berikut :

Metode dan bahan-bahan:

Antara Januari 1995 dan Januari 2001, total 102 pasien dengan HCC lanjut dengan trombosis vena portal yang terdaftar dan dibagi menjadi tiga kelompok: kelompok 1 (n=24) hanya dikelola dengan mendukung perawatan, kelompok 2 (n=25) menerima kombinasi sistemik kemoterapi dan kelompok 3 (n=52) menerima infus intra-arteri kemoterapi dengan 5-fluorourasil+sisplatin melalui implan chemoport.

Hasil:

Satu tahun tingkat ketahanan hidup adalah 0, 4, 21% dan median survivals adalah 2, 4, 6 bulan dalam kelompok 1, 2, 3, masing-masing (p=0,003). Ketika kita membagi kelompok 3 pasien ke jangka panjang (lebih dari 8 bulan) atau jangka pendek yang selamat, yang selamat jangka panjang yang secara signifikan tingkat rendah serum AST (p=0,032) dan alkalin fosfatase (p=0,033). Terutama, semua pasien perempuan (n=9) bertahan lebih dari 8 bulan (p=0,000). Faktor prognostik menguntungkan lain untuk bertahan hidup adalah sirosis Child-Pugh kelas A (p=0,003), hanya satu cabang utama keterlibatan v. porta oleh tumor (p=0,005), peningkatan kehadiran tumor bagian dalam fase arteri CT scan (p=0,044), peningkatan kehadiran non-tumor bagian dalam fase portal CT scan (p=0,029).

Kesimpulan

Intra-arterial infus kemoterapi dicapai hasil yang baik dalam lanjutan HCC dengan trombosis vena portal dan menunjukkan kelangsungan hidup yang lebih baik di beberapa pasien.

Penderita yang kami rawat masih survive baik, setelah 6 bulan, tetapi tendensi hasil pemeriksaan laboratorium menjelek

Tidak ada komentar: